Eks Wartawan Lampost Banyak Merintis Media Online di Lampung

0
145
Inilampung.com salah satu media online "senior" di Lampung.

KANALLAMPUNG.COM — Jumlah media online di Lampung hingga Januar 2020 diyakini lebih dari 200. Media online itu tidak hanya terpusat di Kota Bandar Lampung, tetapi juga ada di semua kabupaten/kota di Lampung.

Di antara ratusan media online itu ada yang digarap dengan serius, tapi banyak juga yang digarap sekadarnya. Isinya hanya berita rilis dari pemda, karena niat awalnya memang sekadar untuk mendapatkan uang kerja sama dengan Pemda.

Berdasarkan awal mula terbit, media online inilampung.com bisa dicatat sebagai media online “senior” di Lampung. Media ini sudah terbit sekitar 10 tahun lalu. Media ini adalah milik Ali Imron, mantan wartawan Lampung Post.

Sebelumnya memang ada media online pertama di Lampung, yaitu lampungonline.com yang dikelola mantan Redpel Lampung Post, Syamsul B. Nasution dan digawangi para mantan wartawan surat kabar Lampung Post dan surat kabar Trans Sumatera. Namun, media ini kemudian nonaktif. Yang muncul kemudian media dengan nama hampir sama dengan pengelola orang lain.

Berdasarkan penelusuran Kanallampung.com,  banyak media online yang eksis hingga saat ini dan diperhitungkan publik dikelola oleh para mantan wartawan media cetak. Karena mantan wartawan cetak dan selama ini dikenal serius menjadi wartawan, ketika mengelola media online mereka juga terlihat serius. Hal itu dibuktikan dengan eksistensi media mereka, dengan peringkat Alexa yang lumayan bagus, dan medianya masuk kategori pers.

Mantan wartawan Lampung Post adalah terbanyak memiliki dan mengelola media online yang reputasinya diperhitungkan di Lampung. Antara lain: Ali Imron (inilampung.com), Yusuf Yazid (harianlampung.com), Oyos Saroso HN (teraslampung.com), Adian Saputra (jejamo.com), Amirudin Sormin (lampungpro.co), Syamsul B. Nasution (lampungtelevisi.com), Supriyadi Alfian (harianmomentum.com), Juniardi (Sinarlampung.com), dan Iyar Jarkasih (lampung77.com).

Ada juga media online yang dimiliki dan dikelola oleh mantan wartawan Tribun Lampung dan Radar Lampung. Antara lain adalah duajurai.co yang dikelola Juwendra Asdiansyah (mantan wartawan Tribun Lampung) dan editoronline.com yang dikelola Suprapto (mantan wartawan Radar Lampung dan kini anggota DPRD Lampung).

 

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR