Desa untuk Penanggulangan Virus Corona, Ini Saran LBH untuk Pemda

0
6
Direktur LBH Bandarlampung, Chandra Muliawan

KANALLAMPUNG.COM — Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan telah mengambil kebijakan dalam hal Penggunaan dan Peruntukkan Dana Desa 2020 untuk Pencegahan pandemic covid-19. Dalam menghadapi situasi ini, menurut Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung, Chandra Muliawan, diperlukan langkah taktis dan strategis.

“Maka, pemerintah daerah (Pemda) harus bersinergi dan bergerak cepat. Kami membaca potensi bahwa hal ini akan terganjal dengan ketentuan penggunaan uang negara, ada kemungkinan kepala desa khawatir untuk merealisasikan hal ini karena terkait dengan paying hukum.Hal ini harus ditindaklanjuti dengan tepat dan benar, sehingga tidak menimbulkan potensi pelanggaran hukum dikemudian hari,” kata Chandra Muliawan, Minggu, 22 Maret 2020.

Menurut Chandra, ada beberapa hal penting yang harus ditempuh Pemda untuk merespons hal ini. Pertama, syarat yang harus dipenuhi untuk pencairan dana desa. Gubernur harus mengeluarkan peraturan gubernur dan diikuti dengan Peraturan Bupati tentang besaran alokasi dan besaran pembagian dana desa di masing-masing desa di wilayah Kabupaten guna pencegahan covid-19.

Kedua, kepala desa wajib menyiapkan Peraturan Desa (Perdes) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) perubahan.

“Hal ini perlu direspons dengan segera,” Chandra menandaskan.

TIDAK ADA KOMENTAR